Tujuan dan Fungsi Public Relations
Oleh Fachri Adha
Sebagai salah satu dari komponen
bauran pemasaran (marketing mix). public relations turut berperan penting dalam
mengembangkan dan membangun citra perusahaan di mata stackholders dengan
berbagai cara.
Dalam
bukunya “public relations strategies dan tactics” L.wilcox, Philip H.Ault
mengatakan ada beberapa fungsi public relations yaitu sebagai berikut :
1.
Conseling
Public
Relation bagi perusahaan juga merupakan salah satu konseling yang dapat
memberikan dan menyediakan berbagai saran kepada pihak internal managemen yang
berhubungan dengan berbagai kebijakan, relasi, kebijakan relasi dan komunikasi
antara perusahaan dengan publik.
2.
Research
Sebagai
salah satu bagian perusahaan yang bersinggungan langsung dengan publik, fungsi
Public Relation juga merupakan sebuah tim riset perilaku public. Data-data
hasil riset ini dapat digunakan untuk merancang strategi public relation dalam
rangka membangun rasa saling percaya antara perusahaan dengan publik,
mempengaruhi dan menyakinkan public tentang pentingnya perusahaan bagi mereka.
3.
Media Relations
Berkomunikasi
dengan publik yang luas tentu membutuhkan media massa yang bisa digunakan untuk
mengutarakan pendapat. Sehubungan dengan hal tersebut, Public Relation dapat
berfungsi sebagai bagian perusahaan yang melakukan berbagai kerja sama dengan
semua media untuk kepentingan perusahaan.
4.
Publicity
Melalui
berbagai media massa yang telah menjadi “partner” dalam bekerja, public
relation dapat melakukan publisitas atau merespon ketertarikan publik terhadap
perusahaan. Tujuan dari publisitas ini adalah untuk menyampaikan berbagai pesan
terencana untuk meningkatkan ketertarikan publik pada perusahaan.
5.
Employee/Member Relations
Membangun
relasi yang baik tak hanya dilakukan dengan publik diluar perusahaan, untuk
internal perusahaan Public Relations juga dapat berfungsi sebagai agen yang
menginformasikan dan memotivasi karyawan serta memberikan respon terhadap
setiap masalah perusahaan dengan karyawannya.
6.
Public Affairs
Public
Affairs merupakan fungsi public relation dalam perusahaan yang terkait dengan
bagaimana membangun keterlibatan secara aktif (melobi) dengan pemerintah dalam
berbagai kebijakan publik. Melobi sendiri menurut Kotler adalah kegiatan yang
berhubungan dengan legislator dan pejabat pemerintah dalam mempromosikan atau
menolak undang-undang atau peraturan.
7.
Issues Management
Mengelola
isu yang berkembang di masyarakat terkait dengan perusahaan, merupakan fungsi
seorang public relation. Dalam fungsinya tersebut public relations melakukan
identifikasi dan evaluasi atas berbagai isu yang sekiranya akan berdampak
terhadap perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar