Public
Relations merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan
dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi, lembaga umum dan pribadi,
bertujuan untuk memperoleh saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka
yang ada kaitannya, dengan cara menilai opini publik dan bertujuan sedapat
mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan, guna mencapai
kerjasama yang lebih produktif dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang
lebih efisien dengan kegiatan penerangan yang lebih terencana dan tersebar luas
(Samson, Public Relations en Voorlichting, 120/10)
Adapun JC Seidel mengatakan bahwa
public relations adalah suatu proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen
untuk memperoleh jasa baik dan pengertian dari langganannya, pegawai-pegawainya
dan publik pada umumnya. Ke dalam mengadakan analisa dan perbaikan terhadap
diri sendiri, ke luar dengan mengadakan pernyataan yang berarti menguntungkan
(Suhandang, 2004: 44).
Dari definisi-definisi di atas,
dapat disimpulkan bahwa public relations adalah suatu proses komunikasi, dan
merupakan fungsi manajemen. Sasaran public relations adalah internal public dan
external public, public relations mempunyai tujuan membina hubungan harmonis
dengan publiknya dan mengutamakan kepentingan publiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar