A. DEFINISI PERENCANAAN MEDIA
Perencanaan media merupakan kegiatan
yang sangat penting dalam periklanan dan promosi.sering kali terjadi iklan dan
promosi menjadi kegiatan penghamburan dana namun tidak memberikan hasil yang
diharapkan.perencanaan media yang dipersiapkan secara baik akan menghasilkan
komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mendapat perhatian
lebih besar dari audiens sasaran.[1]
Menurut Georgen dan Michael Belch
(2001),perencaan media ( media planning ) adalah the
series of decision involved in delivering the promotional messange to the
prospective and or of the product or brand.(serangkaian keputusan
yang terlibat dalam menyampaikan pesan promosi kepada calon pembeli dan atau pengguna
produk atau merek).
Perencanaan menjadi penting untuk
memperoleh efisiensi dan efektivitas kegiatan. Perencanaan juga dapat
memperkirakan hasil suatu kegiatan. Khusus dalam bidang periklanan, perencanan
akan membantu mengarahkan kegiatan sehingga diperoleh efisiensi dan efektifitas
yang diharapkan. Perencanaan periklanan juga menjadi pengarah akan tindakan
yang dilakukan. Karena dalam perencanaan telah ditentukan langkah-langkah yang
dilakukan. Langkah pertama mengarahkan langkah ke dua dan seterusnya.
B. STRATEGI PEMILIHAN MEDIA
BAGAN
PERENCANAAN MEDIA
Perencanaan
media memerlukan keterangan penting dari klien, seperti:
- Market profile
- Competitor media
strategy
- Target market
profile
- Media objectives
- Budget
Media plan adalah satu dokumen yang menguraikan
secara singkat bagaimana satu anggaran belanja media klien akan dibelanjakan.
Sementara media objectives meliputi:
- Who – siapa
target pasar produk?
- What – apa pesan
yang ingin disampaikan?
- Where – dimana
tempat /pasar yang menjadi prioritas?
- When – kapan
waktu yang tepat untuk beriklan?
- How – seberapa
banyak, seberapa sering dan berapa lama beriklan?
Ada
3 faktor yang menentukan keputusan dalam pemilihan media, yaitu:
- Type of media –
misalnya menggunakan media TV atau media cetak majalah?
- Class of media –
misalnya bisa menggunakan media khusus olah raga atau menggunakan
distribusi jaringan tertentu (network)?
- Specific medium
– misalnya menggunakan majalah khusus olahraga bergambar atau jaringan TV
iklan?[2]
C. KONSEP PERENCANAAN MEDIA UNTUK
KOMUNIKASI PEMASARAN
Perencanaan media diarahkan untuk
membantu kita mengerti mengapa beberapa media dipilih atau beberapa lainnya
tidak dan bagaimana media tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Perencanaan media yang tepat
dimaksudkan untuk mencapai sasaran komunikasi secara maksimal dengan biaya yang
minimum. Penggunaan media harus sesuai dengan kebutuhan kreatif iklan yang
bersangkutan mengenai copy iklan, gambar, dll.[3]
Tiga Langkah yang perlu di lakukan
untuk membuat konsep perencanaan media untuk komunikasi pemasaran yaitu
Langkah 1:
MENENTUKAN AUDIENS SASARAN
Pertanyaan
penting yang harus dijawab pada tahap penentuan audiens sasaran ini adalah:
- Siapa yang
menjadi audiens sasaran atau target audiens?
- Dimanakah target
audiens berada?
- Berapa besar
target audiens?
- Berapa banyak
tingkat konsumsi target audiens?
- Bagaimanakah
kinerja merek bersangkutan antara satu wilayah pemasaran dengan wilayah
pemasaran lainnya?
Langkah 2:
MENENTUKAN TUJUAN MEDIA
Pertanyaan
penting yang harus dijawab terkait dengan penentuan tujuan media ini adalah:
- Seberapa besar
jangkauan (reach) pesan dan target jangkauan (targeted
reach) pesan yang diingankan?
- Berapa banyak
frekuensi pesan dan frekuensi efektif pesan yang akan disampaikan?
- Bagaimana
menentukan distribusi frekuensi yang bisa diterima?
- Berapa bobot
yang dapat diberikan pada suatu kendaraan media ( GRP,TGRP ) ?
- Haruskah setiap
wilayah pemasaran memiliki bobot media yang sama?
LANGKAH 3:
MENENTUKAN STRATEGI MEDIA
Pertanyaan
yang harus dijawab pada tahap ini adalah:
- Media apa yang
harus digunakan dan berapa banyak?
- Bagaimana
pembagian antara penggunaan media satu arah dan media dua arah?
- Bagaimana proses
pembelian oleh target konsumen?
- Kapan waktu
terbaik menjangkau konsumen dan prospek?
- Bagaimana
konsentrasi media diperlukan dalam bauran media?
- Bagaimana
melakukan penjadwalan media?
- Media apa yang
paling tepat dari aspek kreatif?
- Lingkungan media
seperti apa yang paling sesuai dengan citra produk?
- Bagaimana dengan perhitungan biaya iklan?[4]
[1] https://veldaardia.wordpress.com/2014/09/23/media-planner/
[2] https://web7crawler.wordpress.com/2014/04/21/apa-itu-media-planning/
[3] https://veldaardia.wordpress.com/2014/09/23/media-planner/
[4] https://web7crawler.wordpress.com/2014/04/21/apa-itu-media-planning/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar