Sabtu, 18 Maret 2017

YUK MULAI BERUBAH KE ARAH YANG LEBIH BAIK :)

YUK MULAI BERUBAH

Maksud judul diatas bukan berubah jadi Power Rangers (hehe) tapi berubah yuk ke arah yang lebih baik. Contohnya banyak kalau pada diri saya sendiri banyak yang ingin saya ubah seperti mulai berhenti merokok, perbaiki sholat, perbaiki baca Al-Qur’an dll. Bagi kasus atau contoh lain misalnya yang menjadi konsen saya khususnya bagi kwn2 saya tercinta di kampus yuk mulai berubah berpakaian true muslimah (memakai tudung kepala yang panjang hingga menutup bagian dada, celana yang longgar, baju yang longgar, kaos kaki yang panjang dll yang sudah sepantasnya dipakai seorang musimah yang berpakaian)  tidak hanya atasnya berkerudung bawahnya terekspos. Atau bagian dadanya menonjol kemana-mana.

Permasalahan pakaian ini belakangan menjadi hal yang urgent untuk dibahas, mengingat kampus kami (IAIN PTK) adalah kampus Islam, yang sudah seharusnya menampilkan perilaku-perilaku true muslimah dan muslimat sesungguhnya, sehingga menjadi cerminan kampus lain khususnya dan masyarakat muslim di ptk umumnya. Bagi saya berpakaian yang true muslimah amat penting jika ditinjau dari filosofi menutup aurat, Percuma saja jika sudah memutuskan berhijab tetapi dalam prakteknya masih menampakan bagian-bagian tertentu yang membuat semua mata laki-laki melotot ataupun membuat pikiran laki-laki jadi kemana-mana. Filsafatnya jika sudah memutuskan untuk berhijab seharusnya sudah mengetahui dengan baik apa yang pantas dipakai dan apa yang tidak pantas dipakai.
Yuk berubah, Yuk memperbaiki diri, bukan demi orang lain saja tapi demi kebaikan diri sendiri. “jika kta baik otomatis orang lain juga menghargai kebaikan kita”. Jika kita baik insya Allah dapat pendamping yang baik juga.

Caranya bagaimana untuk berubah? Pertanyaan umum yang selalu diajukan jika ingin memulai sesuatu. Saya ada saran bagi yang saat ini sudah berpakaian true muslimah yah pertahankan. Bagi yang sudah berkeputusan untuk berhijab namun belum sesungguhnya menutup aurat saya sarankan mulai dari melihat atau mencontoh kawan2 yang sudah dari awal berhijab. Karena memang butuh proses yang dari SMP-SMA belum berhijab ketika menemukan aturan harus berhijab ketika Masuk kuliah pastinya perlu penyesuain. Sehingga jika memang baru 1/2 semester berhijab tapi belum real berpakai true muslimah maka masih dalam batas kewajaran. Tapi bagi yang sudah 6 semester di Kampus jika masih berpakaian kurang pantas maka keterlaluan. Dan perlu aturan serta sanksi yang tegas untuk menindaklanjuti permasalah ini. Jangan hanya VISI IAIN PONTIANAK (ulung dan terbuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman serta kebudayaan Borneo) menjadi kata-kata hampa dan tidak berbekas.

Surat Dalam Al-Qur'an Yang memerintahkan untuk menutup Aurat bagi perempuan yang diantaranya:

يَٰٓـأَيـُّهَا ٱلنَّبِيُّ قـُل لـِّأَزۡوَٰجِكَ وَبَنـَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلۡـمُؤۡمِنِينَ يُدْنِينَ عَلـَيۡهـِنَّ مِن جَلَٰبـِيبـِهـِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنـَىٰٓ أَن يُعۡرَفۡنَ فـَلـَا يُؤذيۡنَ ۗ وَكـَانَ اللهُ غـَفـُورًا رَّحِيمًا (الأحزاب : ٥٩
Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang
QS. al-Ahzab ayat: 59

وَقـُل لـِّلۡمُؤۡمِنَٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ أَبۡصَٰرِهِنَّ وَيَحۡـفـَظۡنَ فـُرُوجَهُنَّ وَلـَا يُبۡـدِينَ زِينَتـَهُنَّ إِلـَّا مَا ظـَهَرَ مِنۡهَا ۖ وَلۡـيَضۡرِبۡنَ بـِخُمُرِهـِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهـِنَّ ۖ … (النور :
Katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita- wanita mukminah, ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian, atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka (QS. an-Nur [24]: 31).

Contoh berpakaian  muslimah yang Pantas dan Tetap styles



Demikianlah uraian saya atas judul YUK BERUBAH

Terimaksh akan sangat berharga jika yang membaca bisa menulis kritik dan saran. Sehingga terjalin komunikasi dua arah dan saling menghargai argumentasi dan pendapat masing-masing

See you in the next artikel


                                                                                                TTD

                                                                    

                                     
                                             
\                                                     Fachri Adha
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proposal Bisnis

Ide membangun usaha Sudah punya toko, kamera, laptop Butuh Printer, Daftar agen pulsa, skill ngeprint foto, pemodal, kawan diajak joi...